Skip to content

Nasihat dari Andung

13 Desember 2008

Kasihilah Tuhan; maka Dia akan mengasihi kita. Kasihilah orang tua; maka dia mendoakan kita. Hidup yang tidak berilmu, sebagai pohon tak berbuah.

Jadilah manusia yang berbakti kepada Allah, Ibu-Bapak, saudara/famili dan bangsa serta negara. Kerjakanlah shalat, karena shalat adalah membedakan kita dengan hewan yang melata, shalat adalah menjauhkan kita dari perbuatan yang dimurkai Tuhan dan Umat Islam.

Anakku Ali: kalau pandai meniti buih, selamat kita ke seberang. Dunia ini adalah fana. Camkanlah anakku!

Itulah kutipan kata-kata nasihat dari Andung (nenek) Sa’adah Maksum -ibu dari ayah saya- kepada keponakannya, Ali, ketika sedang berada di kapal Rinjani pada tanggal 21-2-1988.

Andung saya telah wafat ketika saya masih kecil. Namun kata-kata nasihatnya kepada paman saya itu terasa sangat bermakna dalam. Hidup ini fana.

Menurut kamus besar bahasa indonesia, fana bermakna “dapat rusak, tidak kekal”. Rusak adalah suatu keadaan ketika sesuatu tidak berfungsi sebagai mana mestinya. Dapat pula rusak diartikan berubahnya sesuatu dari kondisi relatif normal menuju kehancuran. Dunia ini adalah fana, dapat bermakna bahwa kehidupan dalam dunia ini dinamis, berubah-ubah. Begitu pula dengan hati, pikiran manusia yang berubah-ubah sejalan dengan waktu. Menurut saya, karena itulah alm. Andung menegaskan pentingnya mengerjakan shalat.

Shalat khusyuk adalah meditasi tertinggi dalam Islam. Dengan shalat khusyuk pikiran kita menjadi tenang, tidak berubah menuju kehancuran. Sehingga tepat dikatakan bahwa shalat membedakan kita dengan hewan yang tidak punya pikiran.

Pemirsa budiman, marilah kita tegakkan shalat. Dengan menegakkan shalat, kita menjaga pikiran kita tetap stabil. Dengan stabilnya pikiran kita, stabil pula perbuatan baik kita. Sehingga bangsa dan negara kita akan tetap stabil menuju kemakmuran! Semoga. Wallahualam.

Iklan

From → Generasi Arsi

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: